Sunday, October 19, 2008

Mau Makan? Cari!!! Ada yang Mencari? Beri!!!


Waktu aku berjalan tadi pagi
Aku melihat banyak anjing berkeliaran mencari makan, mereka berlari ke mana
Yang aku tak tahu pastinya
Akupun tak mau mengikutinya

Aku berjalan lagi dan menemukan beberapa ekor kucing melingkar dalam satu kesatuan
Setelah kudekati mereka buru-buru sembunyi, tak ingin ada aku di antara mereka
Dan yang tersisa di situ hanya tulang ayam yang jadi rebutan

Aku mencibir dan meneruskan perjalananku
Di sini aku tak sengaja melihat keledai yang begitu antusiasnya mendekat
ke tong sampah bersama majikannya mengais sisa makanan yang sudah basi
dan ada yang menyenggolku
aku toleh dan ia mengulurkan tangan sambil berucap
“Tuan, saya belum makan sejak tiga hari yang lalu, saya lapar Tuan,”

Kini aku baru sadar kalau semua butuh makan
Dan mereka punya cara sendiri-sendiri untuk mencari makan
Kita tak perlu mengajarinya,
Kita cukup membantu memberi mereka makan.
Karena Tuhan sedang ingin memberi mereka makan melalui tangan kita
Sungguh sebuah penghormatan bukan?
Atau memang kita sudah tak lagi ingin dihormati?
Yang jelas mau hidup butuh makan, mau makan butuh untuk mencarinya.

0 komentar: